Posted by : admin Saturday, August 25, 2012

Di dalam salah satu bagian ilmu pedang kuno tersohor para samurai ada yang dinamakan " KAMAE "yaitu keadaan siap siaga. Ada "TAMESHIGIRI ", ilmu serangan pedang yang efektif secepat kilat. Dan NOHTO yaitu sebuah gerakan lembut untuk menyarungkan kembali pedangnya tanpa melihat setelah selesai bertempur dan tetap dalam keadaan waspada.
Pedang para samurai dinamakan SHIN KEN yang artinya " The Real Sword ". Kode Etik Samurai atau aturan perilaku mereka adalah : JIN yaitu selalu berbuat baik kepada sesama. Gi yaitu senantiasa jujur. REI yaitu selalu sopan santun. CHUNG-GI yaitu loyal atau setia. Dan YU atau berani. Hingga saat ini kita masih bisa menyaksikan bagiamana orang-orang di sana selalu menunduk dan hormat, setia, dan kejujuran di Negeri Samurai itu. Secara umum maka ilmu para ksatria samurai terbagi dua, yaitu WAZA dan DO. WAZA adalah ilmu pedang itu sendiri dan DO adalah sikap dan perilaku serta jalan hidup. Sekarang hikmah apa yang bisa kita ambil ? Kebanyakan kita mempelajari hanya ilmu WAZA atau ilmu pedangnya saja, tapi tidak mempelajari ilmu jiwa atau perilakunya, tetapi DO nya dilupakan. Kita belajar ilmu hukum dari tingkat sarjana, sampai master bahkan hingga doktor, tapi kita tidak mempelajari bagaimana hati dan jiwa yang adil , akhirnya memperjual belikan hukum. Kita mempelajari ilmu kimia dan biologi, tapi tidak belajar mencintai manusia dan kehidupan milik Nya, maka akhirnya kita membuat obat-obat palsu, bahkan obat infus palsu. Kita belajar ilmu ekonomi dan bisnis yang efisien dan menguntungkan, tapi tidak mempelajari jiwanya, akhirnya mereka membuat ikan asin berformalin yang efisien, yaitu bahan baku untuk pengawet mayat. Setiap tahun kita meluluskan ratusan ribu sarjana dan ahli hukum, ahli kimia, ahli biologi yang hebat, ahli politik yang cerdas, tapi tidak dibekali dengan hati. Otak tanpa hati, WAZA tanpa DO. Ibarat mempelajari Agama tanpa Iman tanpa Ihsan. " ORANG YG MEMILIKI ILMU YANG TINGGI TANPA HATI, IBARAT SEORANG BUTA YANG MEMEGANG PEDANG "
MARI KITA BENAHI KEHIDUPAN INI

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kisah Motivasi | Kisah Inspiratif Penuh Hikmah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -